Home / blog / Tutorial Interupsi Eksternal Mikrokontroler dengan Codevision AVR

Tutorial Interupsi Eksternal Mikrokontroler dengan Codevision AVR

Tutorial Interupsi Eksternal Mikrokontroler dengan Codevision AVR. Interupsi Eksternal adalah salah satu fitur yang dimiliki mikrokontroler keluarga AVR yang berfungsi untuk memprioritaskan mikrokontroler mengeksekusi program tertentu ketika ada trigger dari sumber interupsi eksternal baik itu melalui pin INT0, INT1 dan INT2. Pemicu interupsi Eksternal adalah dengan adanya perubahan tranisisi baik itu Rising Edge, Falling Edge atau INPUT LOW/HIGH. Untuk mengatur mode kerja interupsi dilakukan melalui 2 buah register Input/Output yaitu MCUCR dan MCUCSR. Bagi anda pembaca sekalian yang belum memahami mengenai teori dasar interupsi ada baiknya membaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya tentang Teori Dasar Interupsi Eksternal Mikrokontroler AVR

Cara menggunakan Interupsi Eksternal Mikrokontroler AVR diantaranya mikrokontroler ATmega32, ATmega16, ATmega8535 dll. Yaitu dengan cara memberikan trigger pada pin INT0, INT1 dan INT2. Memberikan trigger bisa dengan input tombol maupun dengan membaca input berupa pulsa yang di umpankan ke Pin Interrupt tersebut. Level tegangan transisi naik (Rising Edge) maupun level tegangan transisi turun (Falling Edge) yaitu mulai dari 0~5V. Untuk lebih jelasnya ilustrasi tentang Tutorial Interupsi Eksternal Mikrokontroler bisa dijelaskan dengan gambar berikut ini.

lutfia-interupsi eksternal falling edge lutfia-interupsi eksternal pulse input lutfia-interupsi eksternal rising edge

 Dari 3 Gambar diatas ada 3 mode Sumber Interupsi yaitu Transisi Turun (Falling Edge), Pulse, Transisi Naik (Rising Edge). Untuk membaca input sumber interupsi berupa sinyal pulse, kita bisa menentukan apakah yang akan kita hitung ketika transisi naik apa transisi turun. Karena kita akan menggunakan codevision AVR sebagai IDE dan Compiler Program Bahasa C nya, sehingga pengaturan mode kerja interupsi tersebut bisa menggunakan Code Wizard yang sudah tersedia pada Codevision AVR. Berikut cara pengaturannya.

  • Buka Codevision AVR, kemudian pilih tab Tools -> CodeWizard atau bisa langsung meng-click icon Code Wizard

tutorial interupsi eksternal codevison avr-01                          tutorial interupsi eksternal codevison avr-01

Penjelasan Gambar:

  • Gambar1 : Pilih AT90, ATtiny, ATmega dll, karena kita akan menggunakan Mikrokontroler AVR Series ATmega.
  • Gambar2: Pengaturan Interupsi yaitu pada tab External IRQ, centang INT0 karena pin interupsi yang akan digunakan INT0, Mode Interupsi ada 4 Macam diantaranya Low Level, Any Change, Falling Edge, dan Rising Edge, penjelasan masing-masing mode sebagai berikut:

1. Low Level : Sumber Interupsi dengan Level tegangan yang akan di deteksi adalah ketika logika Low (Rendah) sama dengan 0 Volt.

2.Any Change: Sumber Interupsi dengan level tegagan yang akan di deteksi bisa ketika logika low atau high.

3.Falling Edge: Sumber Interupsi yang dideteksi ketika pada saat transisi jatuh (Falling Edge).

4.Rising Edge: Sumber Interupsi yang dideteksi ketika pada saat transisi jatuh (Rising Edge).

  • Pilih Mode Interupsi Rising Edge, kemudian Pilih Generate, Save And Exit.
 

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *