Home / blog / Organisasi Memori Mikrokontroler

Organisasi Memori Mikrokontroler

Teori Dasar Organisasi Memori Mikrokontroler

Tutorial Dasar Mikrokontroler kali ini kita akan membahas organisasi memori mikrokontroler. Apa itu organisasi memori?Organisasi memori mikrokontroler adalah struktur dan pengalokasian fungsi memori yang terdapat pada mikrokontroler keluarga AVR. Mikrokontroler ATmega8535/32/16 memiliki organisasi memori yang hampir sama yaitu emori program, memori data, data memori EEPROM. Pemahaman dasar mengenai organisasi memori ini sangat penting dalam penguasaan pemograman mikrokontroler. Sehingga nanti anda bisa mengetahui apa itu memori program, memori data, dan memori EEPROM. Penjelasan masing-masing fungsi memori tersebut saya jelaskan sebagai berikut:

Memori Program Mikrokontroler

ATmega8535/32/16 memiliki kapasitas memori program sebesar 8Kbyte yang dipetakan mulai dari 0000h-0FFFh yang masing-masing alamat memiliki kapasitas data sebesar 16-bit. Memori program ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori program boot dan bagian program aplikasi. Jika pada saat ini kita sering mendengar Board Arduino, mereka menggunakan memori program boot sebagai tempat untuk menyimpan framware(bootloader Arduino). Tetapi jika anda tidak menggunakan program bootloader maka memori program boot ini dapat anda gunakan untuk program aplikasi.

Memori Data Mikrokontroler

Khusus untuk ATmega8535 memiliki memori data sebesar 608 Byte yang terbagi menjadi 3 yaitu register serbaguna, register I/O dan register SRAM. 32 byte alamt terendah digunakan untuk register serbaguna yaitu R0-R31. 64 byte berikutnya digunakan untuk register I/O yang digunakan untuk mengatur fasilitas seperti timer/counter, Interupsi, ADC, USART, EEPROM, SPI. kemudian 512 byte lagi digunakan untuk memori data SRAM.

Memori EEPROM Mikrokontroler

ATmega8535 memiliki memori EEPROM sebesar 512 Byte yang terpisah dari memori data maupun memori program. memori EEPROM ini hanya dapat diakses dengan menggunakan register I/O yaitu register EEPROM Address (EEARH-EEARL), register EEPROM data (EEDR) dan register EEPROm Control (EECR).

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *