Home / blog / Mengenal Register-register Mikrokontroler

Mengenal Register-register Mikrokontroler

Tutorial mikrokontroler kali ini akan membahas mengenal register-register mikrokontroler ATmega8535 secara khusus, namuan pada umumnya hampir sama dengan mikrokontroler ATmega32, ATmega16 dll. Apa tujuannya mempelajari register-register? tujuannya supaya kita mempunyai pengetahuan tentang mikrokontroler sampai ke akar-akarnya, kalo kita sampai mengetahui dasar-dasar sampai ke akar-akarnya maka kita akan lebih mudah untuk membuat program, mengedit program karena sudah mengetahui register-register tersebut.

Status Register (SREG)

Register SREG digunakan untuk menyimpan informasi dari hasil operasi aritmatika yang terakhir. Informasi-informasi dari register SREG dapat digunakan untuk mengubah alur program yang sedang dijalankan dengan menggunakan instruksi percabangan. Data SREG akan selalu berubah setiap instruksi atau operasi pada ALU dan datanya tidak otomatis tersimpan apabila terjadi isntruksi percabangan baik karena interupsi maupun lompatan.

lutfia-status register(sreg)

Register SREG mempunyai 7-bit mulai dari bit 0-bit 7. Masing-masing bit bisa ditulis data maupun dibaca (Read/Write) dengan inisial nilai awal adalah 0. Penjelasan masing-masing fungsi bit adalah sebagai berikut:

  • Bit 7-I:Global Interrupt Enable

Bit I digunakan untuk mengaktifkan interupsi secara umum(Interupsi Global). Jika bit I bernilai “1” maka interupsi secara umum telah aktif, tetapi jika bernilai “0” maka tidak ada satupun interupsi yang aktif. Pengaturan jenis interupsi apa saja dilakukan pada bit register SRG ini.

  • Bit 6-T:Bit Copy Storage

Bit T digunakan untuk menentukan bit sumber atau bit tujuan pada instruksi copy bit. Pada instruksi BST, data akan dicopy dari regoster ke bit T sedangkan pada instruksi BLD, bit T akan dicopy ke register.

  • Bit 5-H:Half Carry Flag
  • Bit 4-S :SIgn Bit(S=V+N)
  • Bit 3-V : Two’s Complement Overflow Flag
  • Bit2-N: Negative Flag
  • Bit 1-Z: Zero Flag
  • Bit0-C:Carry Flag

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *