Home / blog / Memori Program

Memori Program

Memori Program Mikrokontroler AVR

Kode program/instruksi disimpan dalam Flash Memory, yaitu memori jenis non-volatile yang tidak akan hiang datanya meskipun catu daya dimatikan. Hampir semua instruksi berukuran 16-bit yang terdiri dari upcode dan data atau Operand yang nantinya akan diolah instruksi tersbut. Memori Flash ini akan dialamati 16-bit per siklus instruksi. Hal ini tentu berbeda dengan mikrokontroler pada umumnya dan sedikit membingungkan, karena mikrokontroler AVR 8-bit  memiliki lebar memori program 16-bit tetapi memori data RAM 8-bit. Jadi setiap pengalamatan program akan mengambil data selebar 16-bit tetapi untuk pengalamatan data RAM hanya 8-bit.

Meskipun tidak berlaku untuk semuanya tetapi pada umumnya umuran kapasitas memori program keluarga AVR ditunjukkan dari namanya. Sebagai contoh ATmega64x berarti memiliki kapasitas memori program sebesar 64 Kbyte.

Memori Data dan Register

Ruang alamat memori data terdiri dari register utama, register I/O, dan SRAM. Keluarga AVR memiliki 32 byte register utama dan diklasifikasikan tiap 8-bit. 32 register ini dipetakan dalam alamat memori paling awal yaitu pada alamat 000h- 0001FH. Selanjutnya 64 byte berikutnya digunakan untuk register I/O (0020h-005Fh). Dan kemudian SRAM dimulai dari alamat 0060h sampai kapasitas memori habis. Pada beberapa AVR ruang register I/O masih bisa diperluas dengan menggunakan teknik memori mapped I/O dengan mengambil bagian tertentu dari alamat SRAM. meskipun terdapat pemisahan antara register utama dan register I/O tetapi semuanya tetap diakses dan dimanipulasi seperti halnya mengakses SRAM.

EEPROM

Beberapa mikrokontroler AVR juga telah memiliki EEPROM (Electrically Erasable programable Read only Memory) internal sebagi tempat menyimpan data semi-permanen. Jadi seperti halnya flash memori, EEPROM tetap dapat menyimpan data meskipun catu daya dimatikan. EEPROM internal tidak dipetakan bersama dengan register utama, register I/O dan register SRAM. EEPROM hanya dapat diakses melalui register spesial dan operasi read/write sehingga waktu aksesnya lebih lambat daripada mengakses register ataupun RAM.

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *