Home / blog / Interupsi Eksternal Mikrokontroler ATmega8535 part1

Interupsi Eksternal Mikrokontroler ATmega8535 part1

Teori Dasar Interupsi Eksternal Mikrokontroler ATmega8535

Ada 3 sumber interupsi eksternal mikrokontroler ATmega8535, ATmega32 dan ATmega16 yaitu pin INT0, INT1, dan INT2. Ketiga sumber interupsi ini dapat terjadi interupsi jika ada sumber pemicu yaitu perubahan level logika baik itu transisi naik (Rising Edge) maupun transisi turun (Falling Edge) pada sumber interupsi Eksternal yaitu pada pin INT0, INT1 dan INT2.

Apa itu Transisi Naik (Rising Edge) dan Transisi Turun (Falling Edge)?

Rising Edge (Transisi Naik) adalah perubahan logika sumber pemicu interupsi dari logika low ‘0’ ke logika high ‘1’. Ingat disini yang dibaca oleh pin interupsi INT0, INT1 dan INT2 bukan amplitudo logika nya atau logika low ‘0’ atau high ‘1’ tetapi perubahan tranisisi logikanya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat ilustrasi gambar berikut ini.

http://lutfia.com/rising edge

Sedangkan Falling Edge (Transisi Turun) adalah perubahan logika sumber pemicu interupsi dari logika high ‘1’ menuju logika low ‘0’. Yang terbaca oleh sumber interupsi Eksternal pin INT0, INT1 dan INT2 adalah perubahan transisi turun (Falling Down) seperti ilustrasi gambar berikut ini.

http://lutfia.com/falling edge

Untuk pengaturan mode dan cara kerja interupsi eksternal dilakukan melalui 2 buah register I/O yaitu register MCUCR dan register MCUCSR. Masing-masing register MCUCR dan register MCUCSR adalah register I/O yang berfungsi untuk mengatur mode kerja Interupsi Eksternal tersebut. Untuk lebih jelas dalam memahami register MCUCR dan register MCUCSR mari kita lihat gambar ilustrasi register berikut.

tutorial mikrokontroler-interupsi eksternal

Register MCUCR digunakan untuk mengatur pemicu interupsi dan fungsi MCU secara umum.

  • Bit 3:2-ISC11:0 -> Interrupt Sense Control INT1

ISC11 dan ISC10 digunakan untuk mengatur pemicu interupsi pada INT1. Pemicu interupsi dapat berupa sinyal           rendah, adanya transisi, transisi naik, transisi turun.

  • BIt 1:0-ISC01:0 -> Interrupt Sense Control INT0

ISC01 dan ISC00 digunakan untuk mengatur pemicu interupsi pada INT0. Pemicu interupsi baik berupa sinyal           rendah, adanya transisi, transisi naik, transisi turun.

[supsystic-tables id=3]

Bersambung….

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *