Home / blog / Eksekusi Program AVR

Eksekusi Program AVR

Eksekusi Program Mikrokontroler AVR

Keluarga AVR hanya memiliki satu alur waktu eksekusi. Instruksi mesin berikutnya diambil bersamaan dengan instruksi yang sekarang sedang dikerjakan. Hampir semua instruksi dilakukan hanya dalam satu atau 2 siklus detak (clock). Hal ini yang membuat AVR relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan mikrokontroler 8-bit lainnya. Selain itu mikrokontroler AVR juga didesain memiliki efisiensi eksekusi yang baik untuk kode program hasil kompiler C. Maksudnya adalah kode program yang dituliskan dalam bahasa C setelah dikompile akan menghasilkan file dengan ukuran yang tidak jauh beda dengan kode program yang ditulis menggunakan Assembler.

Kecepatan

Eksekusi Program AVR pada umumnya mikrokontroler keluarga AVR memiliki kecepatan clock dari 0-16Mhz, tetapi ada beberapa yang bisa sampai dengan clock 20Mhz. mikrokontroler AVR dapat diatur pada mode kerja tertentu agar penggunaan dayanya rendah tetapi untuk melakukan hal ini harus diikuti dengan pengurangan kecepatan clock. Semua keluarga mikrokontroler AVR memiliki fitur on-chip ascilator (Internal Oscilator). Sehingga tidak memerlukan clock eksternal dan hampir semua instruksi AVR merupakan 1 siklus instruksi sehingga AVR dapat mencapai kecepatan hampir 1 MIPS per Mhz.

Pengembangan

AVR memiliki banyak fasilitas pengembangan yang tersedia dengan harga yang relatif murah, bahkan gratis. Selian itu kompabilitas diantara chip keluarga AVR juga sangat baik.

Baca Juga:

Arsitektur Mikrokontroler AVR

Memori Program

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *