Home / blog / Cara Mengakses Sensor LM35 Arduino

Cara Mengakses Sensor LM35 Arduino

Deskripsi Sensor LM35

Sensor LM35 adalah sensor yang mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dengan output tegangan analog dengan rentang 0~5V. Atau dengan kata lain sensor LM35 adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk mendeteksi suhu/temperature kemudian diubah menjadi output tegangan. Sehingga sensor LM35 tidak bisa berdiri sensor, melainkan outputnya harus diolah dan dihubungkan dengan rangkaian lain sehingga dapat diketahui nilai suhu yang sebernya dari hasil pendeteksiannya.

Macam-macam sensor Lm35

Sampai saat ini yang admin tau sensor LM35 mempunyai banyak jenis dengan kemasan yang berbeda-beda. Perbedaan sensor LM35 ini biasanya ditandai dengan berbedanya kode huruf dibelakang LM35 nya. misal seperti :

  • LM35, LM35A memiliki range pengukuran temperature -55ºC hingga +150ºC.
  • LM35C, LM35CA memiliki range pengukuran temperature -40ºC hingga +110ºC.
  • LM35D memiliki range pengukuran temperature 0ºC hingga +100ºC. LM35

 

Sensor yang digunakan dalam sistem utama yaitu sensor suhu ( IC LM35). Sensor tersebut tidak membutuhkan rangkaian tambahan sehingga dapat langsung dihubungkan ke port input / output mikrokontroler. Agar sensor dapat bekerja, maka sensor memerlukan supply daya sebesar +5Volt yang diperoleh dari rangkaian catu daya. Rangkaian LM35 tanpa tambahan dapat dilihat pada Gambar

Suplai tegangan untuk LM35 ini adalah sebesar 5 V, meskipun di datasheet suplai tegangan maksmimalnya adalah sampai 30 VDC. namun dengan ketentuannya LM35 hanya membutuhkan arus sebesar 60 uA hal ini berarti bahwa LM35 mempunyai kemampuan menghasilkan panas (self heating) dari sensor yang dapat menyebabkan kesalahan pembacaan yang rendah yaitu kurang dari 0,5oC pada suhu 25oC. untuk rumus konversi dari tegangan input ke data ADC mikrokontroler sperti ditunjukkan persamaan 3.14.

Fitur-fitur

  • Memiliki akurasi pengukuran 0,5 pada suhu 25 ºC.
  • Jangkauan maksimal pengukuran mulai dari -55 ºC sampai +150 ºC.
  • Bekerja pada tegangan mulai dari 5Vdc ~ 30 Vdc.
  • Memiliki pemanasan sendiri yang rendah (low-heating) yaitu kurang dari 0,1 ºC pada udara diam.
  • Memiliki impedansi keluaran yang rendah yaitu 0,1 W untuk beban 1 mA.
  • Memiliki ketidaklinieran hanya sekitar ± ¼ ºC.

Cara Mengakses Sensor LM35 Arduino

Sensor LM35 tidak bisa berdiri sendiri dalam artian membutuhkan rangkaian untuk mengolah data tegangan outputnya. Rangkaian skematik sensor LM35 yang dihubungkan cukup sederhana seperti gambar berikut ini.

sensor lm35 arduino

Cara kalibrasi Sensor LM35

Sensor ini merupakan sensor suhu dengan keluaran tegangan analog, sehingga kita harus mengkonversi outputan tegangan analog tersebut menjadi nilai pembacaan suhu yang sebenarnya. Dengan arduino Uno pembacaan ADC sangat mudah cukup dengan menuliskan syntact AnaloRead(A0),  dengan menuliskan perintah tersebut maka nilai ADC dari pembacaan sensor Suhu Lm35 sudah dapat diterima. Untuk mengkalibrasi nilai pembacaan ADC menjadi nilai suhu yang sebenarnya maka bisa melihat contoh program berikut ini:

cara kalibrasi sensor suhu lm35

 

File Download:

  • Program Arduino Sensor Suhu Lm35.
  • Simulasi Proteus Sensor Suhu Lm35.

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *