Home / blog / Arsitektur ATmega8535/32/16

Arsitektur ATmega8535/32/16

Arsitektur ATmega8535/32/16 memiliki aristektur Hravard, yaitu memisahkan memori untuk kode program dan memori untuk data sehingga dapat memaksimalkan unjuk kerja dan bisa bekerja secara parallel. Instruksi-instruksi dalam memori program dieksekusi dalam satu alur tunggal, dimana pada saat satu instruksi dikerjakan instruksi berikutnya sudah diambil dari memori program. Konsep inilah yang memungkinkan instruksi-instruksi dapat dieksekusi dalam setiap satu siklus clock.

32×8-bit register serba guna digunakan mendukung operasi pada Arithmetic Logic Unit yang dapat dilakukan dalam satu siklus. 6 register serba guna ini dapat digunakan sebagai 3 buah register pointer 16-bit pada mode pengalamatan tak langsung untuk mengambil data pada ruang memori data. 3 register pointer 16-bit ini disebut dengan register X(gabungan R26 dan R27), register Y (gabungan R28 dan R29), dan register Z (gabungan R30 dan 31).

Hampir semua instruksi AVR memiliki format 16-bit (word). Setiap alamat memori program terdiri dari instruksi 16-bit atau 32-bit. Selain register serba guna diatas, terdapat register lain yang terpetakan dengan teknik memori mapped I/O selebar 64 byte. beberapa register ini digunakan untuk fungsi khusus antara lain sebagai register kontrol Timer/Counter, Interupsi, ADC, USART, SPI, EEPROM dan fungsi I/O lainnya. register-register ini menempati memori pada alamat 0x20h-0x5fH.

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *