Home / blog / tutorial / Analog / Aktif Low Pass Filter

Aktif Low Pass Filter

Yang paling umum dan mudah dipahami dari rangkaian filter aktif adalah rangkaian Aktif  Low Pass Filter. Prinsip dan respon frekuensinya hampir sama dengan filter pasif, namun perbedaan yang lebih terlihat pada filter aktif rangkaian menggunakan op-amp sebagain amplifikasi dan pemegang kendali. Bentuk paling sederhana dari rangkaian Aktif Low Pass Filter adalah untuk menghubungkan sebuah penguat membalik atau non-pembalik, sama seperti yang dibahas dalam op-amp tutorial, untuk untuk rangkaian dasarnya ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini.

aktif low pass filter

Rangkaian diatas adalah rangkaian Aktif Low Pass Filter Orde 1, hanya terdiri dari pasif RC filter tahap pertama yang menyediakan jalur frekuensi rendah ke input dari penguat op-amp non- pembalik. Penguat dikonfigurasikan sebagai tegangan pengikut (buffer) memberikan penguatan DC AV=1.

Keuntungan dari konfigurasi ini adalah op-amp masukkan memiliki impedansi tinggi mencegah pemuatan berlebih pada output filter, sementara impedansi output yang rendah mencegah filter frekuansi cut-off yang dipengaruhi oleh perubahan impedansi beban. Sementara itu konfigurasi ini memberikan stabilitas yang baik ke filter, kelemahan utamnaya adalah rangkaian tersebut tidak memiliki gain diatas satu.

Frekuensi Cut Off ditentukan dengan rumus:

Sedangkan penguatan tegangan pada contoh rangkaian diatas adalah = 1.

 

About admin

Check Also

cara format flashdisk bel sekolah otomatis

Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis

Bagaimana Cara Format Flashdisk dan MicroSD Bel Sekolah otomatis? Diantara Fitur Bel Sekolah Otomatis Lutfia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *